Kenalkan Produk UMKM Ponorogo, Batik Motif Reog Raih Juara 2 Fashion Show Busana Batik Dan Tenun Se-Jatim

Ponorogo-jatimsatu.com-Peragakan busana batik motif Reog dalam ajang fashion show busana Batik dan Tenun se Jawa Timur, menuai prestasi moncer.  Terbukti mampu bersaing dengan 37 kabupaten lain di Jawa Timur, pada Rabu (8/3/2023), hingga meraih juara 2. 

Acara tersebut digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur, yang digelar di Hotel Exhibition Hall Grand City Surabaya.

Susilowati, Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Ponorogo mengungkapkan bahwa capaian prestasi ini adalah sangat luar biasa. Karena batik motif reog yang diperagakan mampu bersaing dengan produk kerajinan sejenis, dari 37 daerah lain di Jawa Timur.

"Tak luput dalan acara tersebut,  juga melibatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ikut pameran. ‘’UMKM harus berkembang dengan sesering mungkin mengikuti pameran di luar daerah,’’terangnya.

Sementara itu, Kang Bupati Sugiri Sancoko menjelaskan hal ini membuktikan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo dalam mendukung perkembangan UMKM maupun industri kreatif. 

Dengan mengikuti pameran berskala provinsi dapat mengenalkan secara luas produk UMKM di Ponorogo. ‘’Tidak hanya batik tapi juga kerajinan lainya,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Sumarno Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdagkum) Kabupaten Ponorogo mengatakan hal tersebut merupakan bukti dan upaya Pemerintah Kabupaten  Ponorogo mengembangkan kerajinan batik khas daerah membuahkan hasil.

"Batik motif reog mampu menunjukkan kelasnya dengan meraih juara dua Lomba Fashion Show Busana Batik dan Tenun se-Jawa Timur.," pungkasnya.(adv/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca