9 Pegawai Mengikuti Assesment Guna Mengukur Potensi dan Kompetensi PNS Sebagai Pelayan Masyarakat

Ponorogo-jatimsatu.com-9 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo Kemenkumham Jawa Timur mengikuti Assessment Mutasi Internal Pegawai.  Pelaksanaan Assessment ini dilakukan pada Hari Senin tanggal 29 Januari 2024 bertempat di Ruang ZI.

Assessment Mutasi Internal Pegawai diselenggarakan oleh Subseksi Pengelolaan Rutan Ponorogo yang bertujuan untuk menjaring data profil prediksi kompetensi pegawai Rutan Ponorogo. Pada Assessment ini terdapat 4 instrumen Assessment Prediksi Kompetensi Pegawai, meliputi Tes Kognitif, Tes Nilai, Tes Kepribadian, dan Tes Situasi, yang mengukur 8 Kompetensi Manajerial dan 1 Kompetensi Sosial Kultural.

Kepala Subseksi Pengelolaan Rutan Ponorogo Suwarno mengatakan Assessment dipelukan dalam pelaksanaan pekerjaan pemerintahan khususnya di Rutan Ponorogo yaitu memberikan pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Masyarakat agar lebih maksimal.

“Pelaksanaan Assessment kepada Pegawai, dirasa perlu sebagai alat ukur kemampuan, potensi dan komptensi PNS dalam bekerja.” Kata Suwarno.

Sebagaimana tertuang dalam PermenPAN-RB Nomor 3 tahun 2020 tentang manajemen talenta Aparatur Sipil Negara (ASN), secara garis besar Assessment mempunyai tujuan untuk dapat menempatkan PNS ke dalam tempat atau jabatan sesuai kompetensinya, kemudian untuk mempertahankan seseorang yang telah sesuai pada tempatnya ,menentukan arah pengembangan kompetensi bagi mereka yang masih belum sesuai dan juga melindungi dari politisasi serta kebijakan yang bertentangan dengan sistem merit.

“ASN akan dapat diketahui bagaimana kemampuan, potensi dan kompetensinya dalam bekerja. Sehingga nantinya setiap ASN harus menjawab tantangan,  mampukah memberikan pelayanan kepada stakeholder, Masyarakat dan WBP yang membutuhkan layanan dengan lebih baik serta dapat memuaskan Masyarakat secara umum,” tambah Suwarno.

Selain itu, Agus Imam Taufik Kepala Rutan Ponorogo yangbikut serta dalam mengawasi jalannya assessment, berharap hasil dari Assessment ini dapat menjadi salah satu bahan pendukung dalam manajemen SDM.

" Hasil dari Assessment ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan pendukung dalam manajemen SDM, mencakup pengembangan kompetensi, manajemen talenta, rotasi/mutasi, dan promosi." Ungkap Imam.

0/Post a Comment/Comments

Dibaca