Dalam Rangka Menyongsong 1 Abad NU, 30.000 Kader se Jatim Gelar Apel Kubro


Gresik-jatimsatu.com-Meledaknya sejumlah 30.000 kader Nahdlatul Ulama (NU) berkumpul di Alun-Alun Kanjeng Sepuh Sidayu, Kabupaten Gresik, untuk men-gikuti Apel Akbar Kader NU se-Jawa Timur Kamis(10/11/2022).

Sebagai rangkaian acara Peringatan 100 Tahun Nahdlatul Ulama, yang digelar PWNU Jawa Timur. Dalam rangkaian kegiatan Apel Akbar 30.000 Kader NU, ada sejumlah kegiatan diantaranya, Mulai dari ziarah wali dan muassis NU, pawai obor, istighotsah, ijazah kubro dan puncak acara adalah Apel Akbar Kader NU yang puncaknya dilaksanakan tepat pada tanggal 10 November 2022 pagi.

Ketua Umum PBNU Masuk 20 Besar 500 Muslim Berpengaruh Dunia.

Sejumlah kiai sepuh akan hadir, seperti Rais Syuriah PWNU Jatim KH M Anwar Manshur, Wakil Rais KH Agoes Ali Masyhuri, KH Abdul Matin Jawahir, dll. Tak ketinggalan, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, dan kiai-kiai sepuh di Gresik dan sekitarnya.



Dalam memperingatan 1 Abad NU PWNU Jatim, KH Abdus Salam Shohib menyampaikan, dipilihnya Gresik sebagai tuan rumah kegiatan tak lepas dari sejumlah pertimbangan. Di antaranya, melewati survei yang dilakukan sebelumnya.



Kiai Salam Pengasuh Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar menuturjan, Para ulama di Gresik tidak bisa dipisahkan begitu saja dengan sejarah panjang kelahiran NU.


“Ada KH. Faqih Maskumambang, KH. Abd Hamid Fakih, KH. Zubair, KH. Umar Burhan dan KH. Abdul Karim (Pendiri JQWHNU), serta para wali penyebar agama Islam di tanah Jawa,” tutur Kiai Salam Kiai Salam, disaat ditemui salah satu media, dalam keterangan Selasa, 8 November 2022.


Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, tak lepas dari dukungan penuh masyarakat dan warga NU di Gresik. Selain itu, juga dari Bupati Gresik, H Fandi Akhmad Yani yang selalu hadir dalam proses persiapan pelaksanaannya.

Sementara itu, Ketua PCNU Gresik KH. Mulyadi menyambut baik adanya Apel Akbar Kader NU se-Jawa Timur di Kabupaten Gresik. Seluruh potensi NU dikerahkan untuk terlibat langsung dalam perhelatan bersejarah ini. Mulai dari pengurus NU mulai cabang, MWC NU, Ranting dan seluruh Banom (Badan Otonom), terutama GP Ansor dan Banser, IPNU-IPPNU, Muslimat NU dan Fatayat NU.

Hal acara Apel Kubro ini semata-mata bertujuan untuk menyambut dan menyukseskan kegiatan Apel Akbar ini. Apalagi, pihaknya tidak ingin mengecewakan para tamu dari berbagai daerah di Jawa Timur.

“Kami merasa terhormat menerima amanah ini, kami juga telah beberapa kali rapat untuk mempersiapkan ini dan koordinasi dengan seluruh stakeholder di Gresik terutama dengan Bupati Gresik. Alhamdulillah, beliau menyambut baik dan siap mendukung suksesnya kegiatan ini. Ini kesempatan bagi Gresik menjadi tuan rumah yang baik,” terangnya.(dik/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca