Disperdagkum Kabupaten Ponorogo Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan Dan Akuntansi

Ponorogo-jatimsatu.com-Untuk mengembangkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola keuangan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo menggelar pelatihan bagi pelaku UMKM, bertempat di Hotel Maesa, Senin (6/3/2023).

Dalam pelatihan selama dua hari itu, diikuti sedikitnya 40 pelaku UMKM di Kabupaten Ponorogo.

Plt Kepala Disperdagkum Kabupaten Ponorogo, Ir.Sumarno,M.M mengatakan, managemen keuangan sangat menentukan langkah kedepan bagi para pelaku UMKM dan itu merupakan jantung bagi usaha perdagangan jenis apapun.

"Sebab setiap pergerakan dalam berbisnis harus selalu mempertimbangkan sisi finansial," terangnya.

Lebih lanjut, Sumarno menjelaskan dalam pelatihan yang digelar Disperdagkum para pelaku UMKM dilatih untuk menentukan nilai pembelian dan penjualan sehingga mampu mengembangkan usaha sesuai yang diharapkan dan mampu mengelola keuangan dengan baik.

“Selain itu Pemkab Ponorogo melalui Disperdagkum berupaya dan mendorong untuk memasarkan produk secara digital mengingat sekarang ini transaksi sudah serba online,” ujarnya.

“Dan UMKM menjadi tulang punggung pemulihan kondisi ekonomi pasca 2 tahun mengalami pandemi Covid-19,” jelasnya.

Sumarno berharap puluhan pelaku UMKM itu dapat naik kelas setelah mengikuti pelatihan manajemen keuangan dan akuntansi. Sebab, mereka mampu mengendalikan biaya, menetapkan kebijakan harga, serta membuat proyeksi tingkat keuntungan.(adv/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca