Kang Bupati Sugiri Restui Jamasan Pusaka Tumpak Landep Dijadikan Agenda Resmi Seni Budaya Di Ponorogo

 

Ponorogo-jatimsatu.com- Pada tanggal 2 hingga 3 Juni 2023 mendatang, paguyuban Aji Wengker kembali menggelar kegiatan Jamasan Pusaka Tumpak Landep. Kali ini, acara penuh makna sebagai jamasan pusaka itu direncanakan akan digelar di Joglo Paju, di Kelurahan Paju, Kecamatan Kota Ponorogo. Bahkan, Kang Bupati Sugiri juga direncanakan menghadiri acara tersebut.

Sebelum acara berlangsung, Ketua Aji Wengker bersama sejumlah pengurus bertemu Kang Bupati Sugiri diruang kerjanya, Selasa sore (30/5/2023).

Dari pertemuan penuh kekeluargaan itu, dibahas berbagai hal, termasuk acara Jamasan Pusaka Tumpak Landep hingga persiapan Pameran Pusaka dalam rangkaian Grebek Suro 2023 mendatang.

Bahkan, Kang Bupati Sugiri mendukung dan merestui jika Jamasan Pusaka Tumpak Landep ini, bisa dijadikan salah satu agenda dalam pelestarian seni dan budaya di Ponorogo. "Saya setuju jika Jamasan Pusaka Tumpak Landep ini, bisa dijadikan agenda acara dalam rangka pelestarian seni budaya di Ponorogo,"kata Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Sementara Titis Mursito, Ketua Aji Wengker mengatakan, acara Tumpak Landep akan digelar mulai hari Jum'at tanggal 2 Juni hingga Hari Sabtu 3 Juni 2023. "Acara dibuka pada Jum'at pagi dengan berziarah pesarean leluhur Wengker, ada Ki Ageng Kutu hingga Eyang Karsan,"katanya.

Titis juga menambahkan, untuk Jum'at malam, akan digelar Kenduri dan doa bersama hingga doa tirakatan malam jamasan. "Baru pada hari Sabtu pagi, dilaksanakan proses jamasan pusaka,"lanjutnya.

"Kemudian juga digelar larungan di Sungai Paju dilanjutkan Pentas Reog tempo dulu,"katanya.

Titis berharap, agar kegiatan Jamasan Pusaka Tumpak Landep yang menjadi warisan leluhur ini bisa terus dipertahankan dan dilestarikan. "Tumpak Landep inilah sebenarnya warisan leluhur kita dalam melakukan jamasan pusaka. Untuk itu perlu dilestarikan,"pungkasnya. (adv/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca