Rutan Ponorogo Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

Ponorogo-jatimsatu.com-Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Ponorogo menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Rutan Ponorogo bekerja sama dengan Sub Denpom V/1-1 Ponorogo Lettu CPM Yunus Dianto sebagai narasumber.

Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan digelar di Aula Condrodimuko Rutan Ponorogo pada Rabu (28/02) pukul 09.00 WIB sampai dengan 10.30 WIB.

Dalam pelaksanaannya sebanyak 52 WBP Rutan Ponorogo turut menjadi peserta sosialisasi wawasan kebangsaan dengan didampingi oleh Kepala Rutan Ponorogo beserta jajarannya.

Kepala Rutan Ponorogo Agus Imam Taufik memberikan sambutannya pada sosialisasi wawasan kebangsaan.

"Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan ini kami harap dapat diserap oleh WBP materi  yang telah disampaikan dan mampu mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari",sambutan Agus Imam Taufik Kepala Rutan Ponorogo.

Sosialisasi wawasan kebangsaan diperlukan untuk memupuk rasa nasionalisme bagi WBP dan menerapkan nilai-nilai pancasila dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Lettu CPM Yunus Dianto menjelaskan sosialisasi wawasan kebangsaan juga berguna untuk menjaga kerukunan antar sesama warga negara Indonesia.

Kerukunan beragama juga menjadi pokok bahasan dalam sosialisai wawasan kebangsaan sebagaimana diatur dalam UUD 1945 dalam pasal 19 ayat 1.

"Sebagai warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai ideologi pancasila kita sudah seharusnya menjaga kerukunan antar sesama. Kerukunan antar budaya ataupun kerukunan dalam beragama sebagaimana yang tertuang pada UUD 1945 pasal 19 ayat 1", ucap Lettu CPM Yunus Dianto.

Dalam kondisi sebagai WBP menjaga persatuan dan kesatuan diperlukan mengingat terdapat banyak latar belakang dari masing-masing individu di Rutan Ponorogo.

"Menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama terlebih di Rutan Ponorogo mungkin bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus saling gotong-royong dalam kebaikan dalam semangat kebhinekaan", lanjut Lettu CPM Yunus Dianto.

Kegiatan sosialisasi berjalan dengan tertib dan lancar dengan melakukan sesi foto bersama setelah acara.(dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca