Peringati Hari Lansia, Rutan Ponorogo Berikan Perhatian Khusus Melalui Cek Kesehatan dan Pemberian Extra Fooding

Ponorogo -jatimsatu.com–  Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei merupakan hari dimana Negara Republik Indonesia ingin mengapresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Berangkat dari itu, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Ponorogo ikut memperingati Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2024 di Ruang Kunjungan, Rabu (29/05/2024).

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2024 ini mengusung tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat” dibuka secara resmi oleh Kepala Rutan Ponorogo Agus Imam Taufik.

Karutan menyampaikan keberadaan para Lansia di Rutan/Lapas menjadi atensi prioritas dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Keberadaan Lansia menjadi sebuah atensi prioritas bagi jajaran Kementerian hukum dan HAM. Dalam pelayanan Kesehatan mendapatkan perhatian khusus dengan adanya program posyandu lansia.” Ujar Imam.

“Ketika anda (WBP Lansia) sakit sampaikan kepada tim medis, Bu Lela. Karena usia diatas 55 th sangat rentan.” Lanjutnya.

Adapun jumlah warga binaan Lansia di Rutan Ponorogo sebanyak 10 orang. Hari ini mereka melaksanakan Senam kebugaran lansia dan mendapatkan Pemeriksaan kesehatan gratis yang meliputi pemeriksaan Kesehatan dasar seperti tekanan darah, gula darah, kolestrol dan asam urat. Selain itu pihak Rutan memberikan extra fooding berupa Susu, Roti dan multi vitamin.

Petugas Medis Rutan Ponorogo Lela Meierta mengungkapkan WBP lansia membutuhkan makanan tambahan karena telah melewati berbagai perubahan fisik dan hormonal. Sedangkan dalam roti dan susu yang dibagikan mengandung nutrisi yang menjaga kepadatan tulang.

Lela juga menyatakan bahwa program pemberian makanan tambahan (PMT) yang rutin diberikan seminggu sekali berupa biskuit dengan kandungan gizi yang tinggi. Meski biskuit ini gizinya sangat tinggi, menu makanan gizi seimbang tetap yang utama.

“Biskuit/Roti hanya sampingan (makanan tambahan). Artinya para WBP Lansia tetap makan dengan makanan yang bergizi,” ungkap Lela.(abw)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca