Larungan Buceng Tradisi Syukuran Dalam Grebeg Suro Berjalan Khidmad Dan Kondusif, Polres Ponorogo Terjunkan Ratusan Personil

Ponorogo -jatimsatu.com- Salah satu rangkaian perayaan Grebeg Suro ditutup dngan digelarnya Larungan Buceng.

Acara yang berlangsung di Telaga Ngebel, Minggu (7/7/2024), selain disaksikan oleh belasan ribu warga juga dihadiri berbagai tokoh dan perwakilan, termasuk Staf Ahli Kepresidenan RI, Bupati Ponorogo, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, dan lainnya.


Kapolres Ponorogo AKBP Anton Prasetyo mengatakan acara sakral itu dihadiri ribuan bahkan hingga belasan ribu masyarakat, sehingga perlu dilakukan berbagai pengamanan dijalan menuju lokasi hingga di wisata Telaga Ngebel. "Memang kita persiapkan dengan baik, agar seluruh undangan dan masyarakat dapat mengikuti kegiatan ini dengan khidmat dan kondusif,"paparnya.

Sementara itu Kepala Disbudparpora Kabupaten Ponorogo Yudha Slamet Sarwo Edi mengatakan rangkaian Grebeg Suro ditutup dengan Upacara Larungan Buceng Agung, Tradisi syukuran dengan mengarak buceng setinggi 2 meter sebelum dilarung ke tengah Telaga Ngebel.

Tradisi Larungan Buceng ini merupakan bagian dari perayaan Grebeg Suro yang memiliki nilai budaya, religi, dan ekonomi bagi masyarakat Ponorogo. 

"Kami ucapkan terima kasih pada Bapak Kapolres Ponorogo dan jajarannya yang telah memberikan rasa aman dan nyaman selama acara berlangsung,"pungkasnya. (abw)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca