Perayaan Grebeg Suro dan Festival Reog di Ponorogo Tahun 2024 Berlangsung Spektakuler Dan Dahsyat

Ponorogo-jatimsatu.com-Perayaan Grebeg Suro di Ponorogo berlangsung dengan spektakuler dan dahsyat di Panggung Utama Aloon-Aloon Ponorogo. Berbagai kegiatan dan acara telah dilaksanakan sejak 27 Juli 2024, termasuk Festival Nasional Reog Ponorogo ke-XXIX dan Festival Reog Remaja ke-XX, serta beberapa acara seni budaya lainnya.

Dalam sambutannya, Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Kabupaten Ponorogo, menyampaikan bahwa selama tiga tahun berturut-turut, Grebeg Suro telah menjadi event terbaik nomor dua di seluruh Indonesia pada tahun 2023. Event ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menggerakkan ratusan UMKM.

'Selain itu, reog telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dunia oleh UNESCO, dan pada tanggal 2-7 Desember 2024, Reog Ponorogo akan secara resmi diakui sebagai warisan budaya tak benda dunia di Paraguay,"paparnya.

Rangkaian kegiatan perayaan Grebeg Suro telah berjalan lancar, termasuk 37 event seperti seni budaya, keagamaan, bazar UMKM, ekonomi kreatif, perlombaan, dan olahraga. Festival Nasional Reog Ponorogo dan Festival Reog Remaja terus mengalami peningkatan dalam kuantitas dan kualitas penyajian.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyerahkan Piala Presiden kepada pemenang Festival Nasional Reog Ponorogo ke-29, yaitu Grup Reog Gajah Manggolo dari SMAN 1 Ponorogo, dan Festival Reog Remaja dimenangkan oleh Grup Reog Singo Sumo Wicitro dari SMPN 2 Kauman Ponorogo.

Grebeg Suro merupakan event budaya yang juga merayakan Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan pelaku seni, serta para undangan.(abw)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca