Buka Kerjasama Tanam Pisang Cavendish, Harapan Cerah Bagi Petani

 

Ponorogo-jatimsatu.com Kesuksesan menaman pisang Cavendish diwilayah Ponorogo kian meluas. Terbukti, disejumlah wilayah, petani telah merasakan keuntungan dalam menanam pisang Cavendish ini.

Mahendro Sumono, Koordinator Petani Pisang Cavendish Ponorogo mengatakan, baru saja panen untuk wilayah Wringin Anom, Kecamatan Sambit, Desa Karangan, Kecamatan Balong dan Kauman. "Petani menyiapkan lahannya, kemudian tanam pisangnya, nanti saat panen kita yang akan ambil,"paparnya.

Ia juga mengatakan, menanam pisang Cavendish ini cukup menguntungkan bagi petani. "Setelah panen, kita bawa ke gudang Wengker Banana, kemudian dilakukan pencucian serta packing. Baru kita kirim ke Surabaya hingga Jakarta. Dengan pasar yang bagus, maka kebutuhan pisang Cavendish ini sangat besar. Sehingga terbuka bagi yang ingin berkerjasama,"katanya.

Sejauh ini, lanjut Mahendro, di Ponorogo terdapat sedikitnya 52 ribu tanaman pisang Cavendish. Dalam 1 minggu bisa dilakukan panen 2 kali dari diberbagai wilayah. Sekali panen bisa mencapai 1,5 hingga 2 ton pisang Cavendish.

"Tersebar diberbagai wilayah seperti Pulung, Balong, Sawoo, Kauman, Jetis hingga Jenangan. Bagi petani yang memiliki lahan, bisa menghubungi kami agar bisa kerjasama menaman pisang Cavendish,"pungkasnya.(dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca