Gali Potensi UMKM Ponorogo, Kang Bupati Sugiri Terima Mahasiswa USC Amerika Serikat

Ponorogo-jatimsatu.com-Tak pernah dibayangkan sebelumnya, jika akhirnya Kabupaten Ponorogo terpilih menjadi lokasi penelitian potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) oleh lima mahasiswa University of Southern California (USC) Amerika Serikat.

Ada tiga lokasi yang menjadi sasaran penelitian, diantaranya produksi kriya di Surodikraman dan Patihan wetan serta produk makanan dan minuman di Kecamatan Ngebel.

Kang Bupati Sugiri menyambut baik program ini. Ia menjelaskan bahwa pihaknya saat ini memang sedang mengembangkan industri kreatif berbasis budaya guna menyongsong usulan Ponorogo menjadi bagian dari Jaringan Kota Kreatif Dunia.

“Hari ini kami mendevelop kota wisata berbasis alam dan budaya. Karena itu, membutuhkan bantuan semua pihak untuk menjadi ekosistem wisata berkelanjutan sehingga UMKM bisa tumbuh secara organik,” ujarnya.

Iim Rusyamsi, Ketua OK OCE Indonesia yang turut hadir mendampingi 5 mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa di setiap lokasi penelitian, pihaknya akan menggali hambatan, tantangan, serta potensi yang bisa dimaksimalkan.

“Dari data ini, kami akan memberikan masukan mulai dari produksi, pengemasan, hingga pemasaran agar UMKM bisa lebih berkembang,” jelasnya ketika silaturahmi di Rumah Dinas Bupati Ponorogo, Selasa (14/3/2023).

Iim menambahkan bahwa kelak hasil penelitian para mahasiswa ini juga akan diserahkan kepada pendamping OKE OCE lokal untuk menjadi bahan evaluasi supaya UMKM Ponorogo semakin berkembang.

“Kami mengandeng komunitas lokal untuk follow up saran solusi untuk meningkatkan UMKM,”pungkasnya. (adv/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca