Tinjau Pembangunan Monumen Reog Bersama Kang Bupati Sugiri, Gubernur Jatim Akan Gandeng Kementerian PUPR

Ponorogo-jatimsatu.com,- Dalam kunjungannya di Kabupaten Ponorogo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa selain Panen Raya Jagung juga menijau lokasi pembangunan mega proyek Monumen Reog Ponorogo (MRP) di Kawasan Giri Seto (Gunung Gamping) di Kecamatan Sampung Ponorogo, pada Jum'at (3/3/2023).

Dengan di dampingi Kang Bupati Sugiri Sancoko, Gubernur Khofifah secara langsung melihat proses pembangunan Monumen Reog Ponorogo (MRP) yang saat ini telah memasuki progres pematangan lahan. 

Dalam keterangannya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan ini merupakan potensi wisata yang sangat luar biasa, selain kawasannya strategis juga terhubung dengan wisata dari Kabupaten Magetan, Karanganyar hingga ke Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jawa Tengah dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan nantinya untuk mendukung MRP ini selain dukungan dari sebesar 30 Milyar juga akan mengupayakan dengan menggandeng Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Rakyat (KemenPUPR) untuk memperlebar akses jalan menuju kawasan wisata.

"Berharap agar Bupati (Sugiri Sancoko) bisa mencari investor yang kaitannya dengan jalan akunya," ungkapnya.

Dijelaskan Kang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bahwa Ground Breaking (pemasangan batu pertama) proyek MRP sendiri direncanakan akan dilakukan minggu depan. 

"Dalam proyek MRP ini tahap awal pembangunan MRP dengan nilai anggaran Rp 35 miliar ini, untuk bangunan museum peradaban dan areal parkir serta fasilitas lainnya, akan dilakukan pada 2024 mendatang," jelasmya.

"Jadi tahap awal ini  kerangka bangunan hotel dan monumenya, luas area 29 hektar total. Setelah itu kerangka museum. Setelah itu untuk sayap-sayapnya baru nanti 2024. Pekerjaan fisik minggu depan sudah bisa dimulai," pungkasnya.(adv/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca