Kang Bupati Sugiri Jadi Narasumber Seminar Nasional "Ponorogo Menuju Kota Kreatif Dunia"

Ponorogo-jatimsatu.com- Rangkaian Ponorogo Creative Festival terus berlanjut, kali ini Kamis (25/5/23), seminar nasional bertajuk "Ponorogo Menuju Kota Kreatif Dunia" digelar di Hotel Maesa Ponorogo. Dibuka langsung oleh Kang Bupati Sugiri, seminar ini menghadirkan pemateri yang berpengalaman membangun kota kreatif dan membawa daerahnya menjadi bagian dari UNESCO Creative Cities Network (UCCN). 

Ada Marry Armstrong Hammond (Coordinator of the UNESCO Creative Cities Of Craft and Folk Art) Peducah Kentucky USA, Ronny Loopies (Focal point of Ambon UNESCO City of Music) Ambon, Arif Wicaksono (Ketua Pekalongan Creative City Forum) Pekalongan, Dwinita Larasati (Bandung UNESCO City of Fashion) Bandung, Melvi (Jakarta UNESCO City of Literature Office) Jakarta. 

Marry Armstrong Hammond dalam paparannya melalui zoom meeting menjelaskan menjadi bagian dari jejaring kota kreatif UNESCO menjadi pintu masuk Ponorogo saling belajar, saling membantu, dan menjalin kerja sama bisnis dengan kota-kota di dunia. Tentunya ini akan berdampak besar bagi ekosistem industri kreatif dan ekonomi Ponorogo. 

“Manfaatnya membuat identitas kita terlihat dan membuka pintu hubungan antar negara maupun antar kota. Sehingga, kota itu lebih terbuka dan outputnya bisa dihormati dan dikonfirmasi oleh beberapa kota dan negara di dunia sehingga bisa menjadi prioritas, seperti kota Paducah USA,” ungkapnya. 

Ponorogo sendiri, lanjut Marry, memiliki modal besar menjadi bagian dari UCCN dengan kesenian Reog-nya. Reog tidak hanya menjadi identitas, namun membangun banyak sub sektor ekonomi kreatif di Ponorogo. Eksistensi Reog inilah yang harus dijaga agar dilirik kota-kota kreatif dunia. 

“Sebagai kota otentik harus mempertahankan budaya yang kita miliki sehingga itu bisa dilihat di mata internasional maupun global. Eksistensi pun juga harus dijaga untuk menjadi UCCN. Mohon kontak saya secara intensif jika membutuhkan pertanyaan terkait persiapan menjadi bagian UCCN,” tambahnya. (adv/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca