Kang Bupati Sugiri Serahkan Sertifikat PTSL, Warga Desa Munggung Sambut Antusias

Ponorogo-jatimsatu.com – Masyarakat Desa Munggung, Kecamatan Pulung menerima sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di kantor Desa Munggung, Rabu (6/9/2023).

Dalam penerimaan tersebut juga dihadiri langsung oleh Bupati Ponorogo, Kang Sugiri Sancoko yang sekaligus menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan penerima. Selain itu turut hadir dari ATR/BPN Kantor Pertanahan Ponorogo.

Kepala Desa Munggung, Imam Mahfudin, mengatakan, untuk saat ini jumlah yang diserahkan sebanyak 400 sertifikat. Dimana itu merupakan bagian dari tahap pertama yang telah mencapai pemberkasan sebesar 90 % dengan total 2.000 lebih bidang tanah.

“Untuk hari ini penyerahannya 400 sertifikat. Yang sudah masuk pemberkasan sekitar 1.600 lebih bidang tanah,” terang Imam Mahfudin.

Imam menambahkan, sasaran keseluruhan program ini adalah sekitar 3.800 bidang tanah, dan pada tahap kedua tersisa sekitar 1.034 bidang tanah yang perlu disertifikatkan.

“Untuk tahap kedua nanti kurangnya sekitar 1.034 bidang,” jelasnya.

Menurutnya, antusiasme warga terhadap program PTSL tahap pertama sangat tinggi. Sehingga diharapkan akan mendorong partisipasi warga dalam program selanjutnya.

“Dengan adanya program PTSL ini, kasus sengketa tanah di daerah kami dapat diminimalisir,” paparnya.

Untuk diketahui, program PTSL adalah bagian dari upaya untuk mewujudkan Kabupaten Lengkap di tahun 2025. Yang mana pada tahun ini Kantah Ponorogo menargetkan 64 ribu bidang dari jumlah Peta Bidang Tanah (PBT) yang telah ditetapkan sebanyak 70 ribu bidang.(adv/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca