Ratusan Pedang Kuno, Dijadikan Museum Di Rutan Kelas IIB Ponorogo

 

Ponorogo-jatimsatu.com- Ada pemandangan menarik diruang tamu Rutan Kelas IIB Ponorogo, selain disuguhi kenyamanan ternyata terdapat ratusan Pedang Kuno yang pajang dalam almari kaca. Dengan disinari lampu penerangan, terlihat ratusan pedang ini lebih indah.

Agoes Yanto, Kepala Rutan Kelas IIB Ponorogo saat dikonfirmasi, Rabu (4/10/2023) mengatakan saat pihaknya pertama kali datang bertugas, maka perlu mengatuhi seluruh aset di Rutan, diantaranya terkait persenjataan. "Karena dalam serah terima jabatan itu, senjata merupakan hal yang utama,"lanjutnya.

Agoes melanjutkan pihaknya melihat sebuah karung goni yang setelah dibongkar berisi ratusan pedang yang sekarang sudah dirawat dengan baik. "Ada sekitar 120 pedang, diantaranya peninggalan zaman kolonial Belanda hingga barang bukti dimasa lalu,"kayanya.

Lebih lanjut ia mengatakan dari hasil konsultasi dengan sesepuh di Ponorogo, Pedang ini dari berbagai daerah, hingga barang rampasan pada tahun 1948. "Sudah seharusnya kita rawat salah satu peninggalan ini, jangan sampai kemudian malah rusak dan hancur,"pungkasnya. (adv/dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca