Awas, Berkedok Kurir Paket, Kirim Aplikasi Atau Link Via WA, Saldo Bank Dikuras Pelaku

Foto : Istimewa

Surabaya-jatimsatu.com- Berbagai cara dilakukan para penipu untuk mengelabuhi korbanya. Dengan berbagai cara, diantaranya menggunakan teknologi, untuk lebih menyakinkan korbannya.

Terbaru, berkedok akan mengirimkan paket, via jasa pengiriman tertentu hingga toko on line, dan lain lainnya,  kemudian Pelaku mengirimkan aplikasi atau sebuah link yang bertuliskan foto paket kepada korban, melalui aplikasi WhatsApp.

Pelaku kemudian meminta korban agar membuka sebuah aplikasi atau link foto paket tersebut. Apabila di klik atau membuka aplikasi atau link foto paket itu, maka akan habis saldo bank milik korban, jika memiliki M-Banking dalam Handphone tersebut. Atau data data pribadi akan di ambil oleh pelaku.

Modusnya sekarang lebih canggih, Pelaku tidak perlu bertanya nomer rekening atau Bank apa dimiliki korban tapi hanya kirim aplikasi atau link yang di share ke korbannya. 

Kemudian bila aplikasi atau link tersebut di klik atau dibuka, maka habis sudah saldo bank anda.

Atau bisa juga pelaku berusaha membuat korban percaya dengan menggunakan profile Biro Jasa Pengiriman paket yang sudah terkenal, toko toko on line atau profil perbankan (Bank) akan mendapatkan bonus, seperti bebas ongkir atau lainnya. Sehingga dengan mudah bersedia membuka aplikasi yang dikirimkan.

Biasanya seringkali didapati para pelaku sering menggunakan nomer selain TELKOMSEL

Jadi, diharapkan semakin hati hati dan waspada. Seringlah bertanya pada kawan atau group - group media sosial jika mendapatkan pesan yang tidak semestinya. (*/red)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca