Ziarah Petilasan Ki Ageng Kutu, Pembuka Aji Wengker Gelar Jamasan Tumpak Landep

 

Ponorogo-jatimsatu.com- Paguyuban Pelestari Pusaka Dan Budaya Ponorogo, Aji Wengker mengelar Jamasan Pusaka Tumpak Landep pada Jum'at-Sabtu (2-3 Juni 2023). Kegiatan penuh makna itu digelar berbagai rangkaian acara. Seperti yang terlihat pada Jum'at pagi (2/5/2023). Para pengurus Aji Wengker dengan. sejumlah anggota dan tamu dari luar kota menggelar ziarah Petilasan Ki Ageng Kutu, yang terletak didesa Bancangan, Kecamatan Sambit, Ponorogo.

Rombongan yang tiba di lokasi disambut juru kunci untuk segera melakukan doa bersama di tempat tersebut.

Menurut Kang Paysu, selaku Pemangku Adat Aji Wengker, sebagai awal rangkaian kegiatan Jamasan Pusaka Tumpak Landep dimulai dengan ziarah di petilasan Ki Ageng Kutu. "Beliau ini merupakan tokoh di Ponorogo yang perlu kita doakan bersama. Kegiatan ini sebagai pembuka rangkaian Jamasan Pusaka Tumpak Landep,"katanya.

Pria murah senyum itu juga berharap agar seluruh rangkaian Jamasan Pusaka Tumpak Landep berjalan dengan baik dan lancar. "Setelah kegiatan pagi ini, akan dilanjutkan nanti malam dengan menggelar kenduri dan doa bersama serta tirakatan malam jamasan. "Sabtu pagi baru akan dilakukan proses jamasan, larungan hingga pentas Reog tempo dulu,"paparnya.

Sementara itu Titis Mursito, Ketua Aji Wengker mengatakan sejauh ini ada beberapa orang pelestari pusaka, seni dan budaya dari luar kota juga telah berdatangan ke Ponorogo untuk menyaksikan rangkaian Jamasan Pusaka Tumpak Landep ini. "Tentu kita sangat bersyukur Pemerintah Daerah juga memberikan apresiasi positif bagi kegiatan ini. Bahkan, Kang Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko merestui kegiatan Jamasan Pusaka Tumpak Landep akan dijadikan agenda resmi acara seni dan budaya di Ponorogo. Sekali lagi, kami mohon dukungan dan doanya agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar,"pungkasnya.(dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca