Istimewa, Bersih Desa Pulung Digelar Sedekah Bumi Hingga Pagelaran Wayang Kulit

Ponorogo-jatimsatu.com- Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Ritual bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam.

Seperti yang digelar di Desa Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Warga telihat kompak penuh kekeluargaan menggelar Acara Bersih Desa, Jum'at (4/8/2023).

Menurut Drs. Mohammad Maksum, S.Pd, Kepala Desa Pulung Ritual bersih Desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga atas berkat yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. Baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

"Pagi dilakukan sedekah bumi, kirim doa leluhur di punden Segaran. Malam harinya digelar Wayang Kulit semalam suntuk dengan Dalang Guritno Purbo Carito. Lakon Tumurune Wahyu katentreman,"tandasnya.

Ia juga mengatakan bersih desa menjadi salah satu kegiatan yang kental akan budaya. Sebab didalamnya terdapat serangkaian kegiatan yang menjunjung tinggi nilai luhur dan adat istiadat. Misalnya selamatan untuk kirim do'a kepada leluhur.

"Kami berharap agar seluruh warga desa Pulung senantiasa diberi berkah, pertolongan dan peerlindungan dari ALLAH SWT. Dijauhkan dari hal hal negatif, bisa hidup tentram, aman dan damai,"katanya.

Seluruh rangkaian kegiatan bersih desa Pulung berjalan dengan baik, aman dan kondusif. (dd)

0/Post a Comment/Comments

Dibaca